Jumat, 09 Maret 2012

MAKALAH :KUISENER GAYA BELAJAR


Mengukur gaya belajar anda, akan membuat anda memahami apa yang dapat membantu anda untuk belajar dengan lebih cepat.  Jika anda mengukur gaya belajar putra/putri anda, maka anda akan tahu apa yang paling dibutuhkan putra putri anda untuk belajar lebih baik. Jadi anda bisa memberikan fasilitas yang sesuai dengan gaya belajar mereka. Jadi anda tidak akan sia sia membelikan sesuatu untuk membantu belajar mereka. Selamat mencoba.

KUISENER GAYA BELAJAR
Skor
No
Pernyataan

1
Diskusi dengan orang lain membantu saya untuk memahami sesuatu

2
Saat belajar, saya banyak/ sering melihat wajah guru

3
Saya menggunakan warna saat membuat catatan (dengan stabile atau tinta berwarna)

4
Saya mendapatkan ide ide bagus saat saya melakukan aktifitas fisik

5
Saya lebih suka berbicara daripada menulis

6
Saya lebih suka mendengarkan (tape, cd dll) daripada membaca tentang suatu topic

7
Pada saat saya memerlukan informasi tentang suatu tempat, saya lebih suka orang menggambarkan peta daripada menjelaskan dengan kata kata

8
Hasil tes tertulis saya kurang bagus disbanding hasil tes lisan

9
Saya tidak suka belajar dengan duduk didepan meja belajar, tetapi saya belajar di lantai

10
Saya membuat catatan dengan coretan (kurang rapi)

11
Saya dapat memahami peta, grafik, dan sejenisnya dengan mudah

12
Saya tidak suka duduk lama

13
Saya suka membuat kerajinan tangan

14
Saat saya bekerja, suara radio mengganggu saya

15
Saya sering sekali berhenti sejenak saat mengerjakan sesuatu (belajar)

16
Saya menggunakan bahasa tubuh saat berbicara

17
Saya tidak dapat membayangkan/menggambarkan  suatu bentuk di otak saya

18
Saya lebih suka melakukan sesuatu jika instruksinya secara lisan

19
Saya suka menceritakan lelucon dan saya bisa mengingatnya dengan baik

20
Saya membuat banyak catatan saat saya membaca atau mendengarkan guru di kelas

21
Saya tidak memperhatikan (melamun atau ngobrol sendiri) saat guru berceramah didepan kelas

22
Meski saya tidak melihat pembicara, saya tetap dapat memahami isi pembicaraan dengan baik

23
Saya suka membuat model (tiruan)tentang apa yang saya pelajari

24
Saat mendapat instruksi lisan dalam tes, saya dapat menggambarkan suatu tempat pada lembar jawaban

25
Saya suka mengerjakan tugas (misalnya praktek) daripada membuat laporannya

26
Saya suka bicara saat menulis

27
Saat saya membaca, seolah olah saya mendengar kata kata itu di otak saya

28
Jika saya menuliskan sesuatu, saya bisa mengingatnya dengan lebih baik

29
Saya tidak dapat mengingat detail wajah seseorang dengan baik, tetapi saya lebih mengingat ucapannya

30
Jika saya ingin mengingat sesuatu, saya akan terbantu dengan membayangkan gambarannya di otak saya

31
Jika saya belajar sambil bersuara, saya bisa mengingat dengan lebih baik

32
Saya dapat melihat (membayangkan )gambar di otak saya

33
Saya lebih suka membaca dari pada seseorang membacakan untuk saya



Tuliskan jawaban tiap soal sesuai kebiasaan anda. Jawaban berupa angka dengan makna sebagai berikut:
5              Hampir selalu
4              Sering
3              Kadang kadang
2              Jarang
1              Hampir tidak pernah
 Tuliskan skor anda disamping nomor dalam table dibawah ini. Jumlahkan seluruh skor anda sesuai kolom yang tersedia dibawah ini:
2
4
1
3
9
5
7
10
6
11
13
8
14
13
17
20
15
19
24
16
22
28
18
26
30
21
27
32
23
29
33
25
31
Skor Total
Skor total
Skor total
Gaya belajar visual
Gaya belajar kinestetik
Gaya belajar auditori
  
Jumlah skor tertinggi anda adalah gaya belajar anda. Skor yang rendah tidak menandakan kemampuan anda kurang.  Tetapi setiap orang memiliki kecenderungan untuk lebih berhasil dengan belajar sesuai gaya belajar yang dimilikinya.
Kalau gaya belajar putra putri anda adalah visual, maka dia akan mudah belajar dengan melihat sesuatu. Kalau kinestetik berarti dengan gerakan dan kalau auditori dengan suara. Jadi anda bisa memilih peralatan apa yang paling sesuai untuk mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar