Selasa, 24 April 2012

FUNGSI DAN KEGUNAAN TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


Fungsi teori belajar dan pembelajaran dalam merancang kegiatan pembelajaran yaitu:
Mensistematikkan penemuan penemuan,melahirkan hipotesis hipotesis, membuat prediksi dan memberikan penjelasan tentang apa yang akan diajarkan, bagaimana mengajarkannya, apa yang akan dipelajari dan apa yang memuaskan siswa.

Kegunaan teori belajar dan pembelajaran bagi guru
Guru adalah teknisi pengajaran yang berurusan dengan produk produk pembelajaran. Guru bisa menggunakan prosedur yang telah dibuat oleh teknolog pembelajaran tanpa mementingkan intuisi dan  tidak perlu lagi melakukan validasi empiric. Hal ini karena prosedur yang dibuat telah diawali oleh intuisi dan telah diuji secara empiric.  Dalam menyusun prosedur tersebut teknolog pembelajaran telah menggunakan teori/prinsip yang dihasilkan ilmuwan.  Dalam menghasilkan teori, ilmuwan telah melakukan pengujian interaktif dan utuh.
Dengan adanya teori belajar dan pembelajaran guru bisa memanfaatkan teori belajar dan pembelajaran untuk menjadi guru yang professional.  Misalnya dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang tepat, memilih strategi yang sesuai, memberikan bimbingan atau konseling, memfasilitasi dan memotivasi belajar peserta didik, menciptakan iklim belajar yang kondusif, berinteraksi dengan siswa secara tepat dan memberi penilaian secara adil terhadap hasil pembelajaran

Arends, R.I. 2001. Learning to Teach. Edisi ketujuh .Terjemahan. Pustaka Pelajar.

Dahar, R.W.  1988. Teori Teori Belajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Degeng, I. N. S.  1998.  Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Makalah disajikan pada Pelatihan Guru Sekolah Ciputra, Surabaya, April-Mei 1998.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar