Jumat, 20 April 2012

TUGAS KULIAH KAJIAN DESAIN PESAN


KAJIAN DESAIN PESAN
 SAMPUL BAHAN AJAR
Menurut Hartley dalam Design Instructional tex, tipograpi sangat penting untuk membantu pembaca membaca cetakan yang dihasilkan. Perlu diketahui bahwa keterbacaan hasil cetakan memang sangat ditentukan oleh macam, bentuk, ukuran huruf, jenis huruf. Begitu pula panjang baris, spasi diantara baris, jarak huruf, penggunanaan huruf kapital, huruf itali, serta kontras warna antara huruf dan latar belakang sangatlah mempengaruhi keterbacaan teks. Hal lain yang penting tetapi tidak termasuk dalam masalah tipograpi tetapi turut pula berperan dalam pengukuran keterbacaan teks yaitu masalah umur, pendidikan, dan kesehatan mata pembaca.
1.      Penempatan
Judul ditulis center text dengan ukuran huruf 72. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi prinsip keseimbangan.  Ukuran huruf yang cukup besar bertujuan untuk memfokuskan pembacanya. Menurut Gestalt, manusia secara sengaja maupun tidak, memilih dari serangkaian stimulus, mana yang menjadi fokus atau bentuk utama  dan mana yang menjadi latar. Dengan ukuran yang besar dan warna yang jelas, maka tulisan judul bisa menjadi focus pembaca saat melihat buku.
2.      Ukuran Huruf
Ukuran huruf untuk judul dibuat maksimal. Sedangkan untuk nama penulis dan fungsinya dibuat dengan ukuran yang sama yaitu 14. Dengan perbedaan ini diharapkan, focus pembaca ada pada judul bahan ajar.  Menurut teori persepsi stimulus yang salient / menonjol, akan lebih dahulu mempengaruhi persepsi seseorang. Gambar yang besar, warna kontras, atau suara yang kuat dengan pitch tertentu, akan lebih menarik seseorang untuk memperhatikan dan menjadi fokus dari persepsinya.
3.      Jenis Huruf
Karena setiap orang punya preferensi atau pilihan huruf yang berbeda – beda, sampul memakai jenis huruf yang lazim dipakai daripada memakai jenis huruf yang unik dan diluar kebiasaan. Semua huruf yang digunakan bertipe huruf cambria. Jenis huruf ini adalah jenis huruf yang lazim dipakai dan mudah dibaca.
4.      Colour
Warna berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu di dalam suatu desain. Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis kepada semua orang yang melihatnya.
Warna yang dominan digunakan dalam sampul bahan ajar ini adalah coklat muda dan hijau. Warna coklat merupakan warna tanah dan bumi, melambangkan kepercayaan, kedewasaan dan daya tahan. Warna natural ini membawa kenyamanan bagi yang memandangnya. Namun selain itu, coklat juga memberikan kesan ’sophisticated’ karena dekat dengan warna emas. Bisa di bayangkan kesan ‘mahal’ desain dengan kombinasi warna hitam dan coklat muda.
Hijau adalah warna yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan lingkungan dan alam. Di dalam desain penggunaan warna hijau untuk memberikan kesan segar. Disamping itu juga mampu memberi efek menenangkan, menyejukkan, menyeimbangkan emosi.
Sedangkan warna tulisan dibuat hitam agar kontras dengan latarnya. Namun secara psikologi, warna hitam seringkali digunakan untuk menunjukkan kekuatan dan ketegasan disamping juga untuk memberi kesan elegan dan anggun.
5.      Ilustrasi
Warna bisa berguna untuk tujuan pembelajaran atau untuk estetika dan alasan-alasan  motivasional.  Tetapi hasil penelitian menunjukkan ilustrasi berwarna memberi efek yang berbeda tergantung umur, intelegensia dan pendidikan pembaca (Hartley 1985: 87).
Ilustrasi yang ditampilkan masuk kategori ilustrasi deskriptif, yaitu menunjukkan objek seperti yang terlihat.  Tetapi ada tujuan expresif, yaitu makna yang melebihi ilustrasi.  Makna yang memungkinkan persepsi tentang isi pokok buku.
Ilustrasi pertama menggunakan foto rumput gajah yang merupakan rumput makanan ternak yang produksinya paling tinggi dan cukup popular di Indonesia. Rumput adalah makanan utama ternak besar (sapi, kerbau, dll). Penggunaan ilustrasi dibatasi pada satu gambar agar tidak memecahkan perhatian pembaca.
 Ilustrasi tersebut mencerminkan isi dari bahan ajar tersebut. Jadi selain untuk memperindah tampilan sampul, juga untuk mewakili isi buku. Menurut Dwyer dalam AECT, ilustrasi bisa menghubungkan materi dengan tujuan dan akan memudahkan pembelajaran jika relevan dengan item tes.

PUSTAKA

AECT, Instructional Message Design Researh. Diunduh 16 April 2011

Fleming, Malcolm and  W. Howard Levie. 1978. Instructional Message Design. Prinsiples from the behavioral sciences.  Englewood cliff, New Jersey.

Hartley, James. Designing Instructional Text. University of Keele. Kogan Page London dan Nichols, New York.

Kusrianto, A.  2010.  Pengantar Tipografi. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar