Strategi dalam menggunakan sumber belajar, seorang guru harus mampu
mengidentifikasi berbagai karakteristik sumber belajar yang digunakan.
Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
·
Mengidentifikasi karakteristik sumber belajar
yang akan digunakan. Sumber belajar yang ada sangatlah banyak, untuk itu guru
hams mampu mengidentifikasi karakteristik dari masing-masing sumber belajar
yang digunakan. Apakah sumber belajar yang digunakan sesuai dengan
karakteristik materi pelajaran yang diberikan. Artinya, Sumber belajar tersebut
dapat menunjang kelancaran proses pembelajaran dalam mencapai tujuan
pembelajaran, sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran tersebut dengan lancar
(bermakna).
· Sumber
belajar yang digunakan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Sumber belajar
yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai apakah
kognitif, afektif atau psikomotor. Dalam hat ini sumber belajar yang digunakan
dapat mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran.
· Sumber
belajar yang digunakan disesuaikan dengan kemampuan guru. Dalam merancang
sumber belajar, seorang guru harus memahami kemampuannya dalam hal menggunakan
sumber belajar. Tanpa memahami karakteristik dan penggunaan sumber belajar,
proses pembelajaran tidak akan berjalan secara optimal.
· Sumber
belajar yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Hal terpenting dalam
merancang sumber belajar adalah menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Sumber
belajar yang dibutuhkan dan bermakna bagi siswa tentunya akan menarik perhatian
siswa, sehingga diharapkan pembelajaran dapat berjalan secara optimal.
Mata kuliah : Teknologi Pembelajaran
Dosen Pengampu: Prof. I.N.S. Degeng.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar