Fungsi
teori belajar dan pembelajaran dalam merancang kegiatan pembelajaran yaitu:
Mensistematikkan
penemuan penemuan,melahirkan hipotesis hipotesis,
membuat prediksi dan memberikan
penjelasan tentang apa yang akan diajarkan, bagaimana mengajarkannya, apa yang
akan dipelajari dan apa yang memuaskan siswa.
Kegunaan teori belajar dan pembelajaran
bagi guru
Guru
adalah teknisi pengajaran yang berurusan dengan produk produk pembelajaran.
Guru bisa menggunakan prosedur yang telah dibuat oleh teknolog pembelajaran
tanpa mementingkan intuisi dan tidak
perlu lagi melakukan validasi empiric. Hal ini karena prosedur yang dibuat
telah diawali oleh intuisi dan telah diuji secara empiric. Dalam menyusun prosedur tersebut teknolog
pembelajaran telah menggunakan teori/prinsip yang dihasilkan ilmuwan. Dalam menghasilkan teori, ilmuwan telah
melakukan pengujian interaktif dan utuh.
Dengan
adanya teori belajar dan pembelajaran guru bisa memanfaatkan teori belajar dan
pembelajaran untuk menjadi guru yang professional. Misalnya dalam merumuskan tujuan pembelajaran
yang tepat, memilih strategi yang sesuai, memberikan bimbingan atau konseling,
memfasilitasi dan memotivasi belajar peserta didik, menciptakan iklim belajar
yang kondusif, berinteraksi dengan siswa secara tepat dan memberi penilaian secara
adil terhadap hasil pembelajaran
Arends, R.I. 2001. Learning to Teach. Edisi ketujuh .Terjemahan. Pustaka Pelajar.
Dahar, R.W. 1988. Teori
Teori Belajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Degeng,
I. N. S. 1998. Teori
Belajar dan Strategi Pembelajaran. Makalah disajikan pada Pelatihan Guru
Sekolah Ciputra, Surabaya, April-Mei 1998.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar