KAJIAN DESAIN
PESAN
SAMPUL BAHAN AJAR
Menurut Hartley
dalam Design Instructional tex, tipograpi
sangat penting untuk membantu pembaca membaca cetakan yang dihasilkan. Perlu
diketahui bahwa keterbacaan hasil cetakan memang sangat ditentukan oleh macam,
bentuk, ukuran huruf, jenis huruf. Begitu pula panjang baris, spasi diantara
baris, jarak huruf, penggunanaan huruf kapital, huruf itali, serta kontras
warna antara huruf dan latar belakang sangatlah mempengaruhi keterbacaan teks.
Hal lain yang penting tetapi tidak termasuk dalam masalah tipograpi tetapi
turut pula berperan dalam pengukuran keterbacaan teks yaitu masalah umur,
pendidikan, dan kesehatan mata pembaca.
1.
Penempatan
Judul
ditulis center text dengan ukuran huruf 72. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi
prinsip keseimbangan. Ukuran huruf yang
cukup besar bertujuan untuk memfokuskan pembacanya. Menurut Gestalt, manusia secara sengaja maupun tidak,
memilih dari serangkaian stimulus, mana yang menjadi fokus atau bentuk utama dan mana yang menjadi latar. Dengan ukuran
yang besar dan warna yang jelas, maka tulisan judul bisa menjadi focus pembaca
saat melihat buku.
2.
Ukuran Huruf
Ukuran huruf untuk judul
dibuat maksimal. Sedangkan untuk nama penulis dan fungsinya dibuat dengan
ukuran yang sama yaitu 14. Dengan perbedaan ini diharapkan, focus pembaca ada
pada judul bahan ajar. Menurut
teori persepsi stimulus
yang salient / menonjol, akan lebih dahulu mempengaruhi persepsi seseorang.
Gambar yang besar, warna kontras, atau suara yang kuat dengan pitch tertentu,
akan lebih menarik seseorang untuk memperhatikan dan menjadi fokus dari
persepsinya.
3.
Jenis Huruf
Karena setiap orang punya preferensi atau pilihan huruf
yang berbeda – beda, sampul memakai jenis huruf yang lazim dipakai daripada
memakai jenis huruf yang unik dan diluar kebiasaan. Semua
huruf yang digunakan bertipe huruf cambria. Jenis huruf ini adalah jenis huruf
yang lazim dipakai dan mudah dibaca.
4.
Colour
Warna berfungsi untuk memberikan
vibrasi tertentu di dalam suatu desain. Begitu hebatnya kekuatan warna,
sehingga bisa memberikan efek psikologis kepada semua orang yang melihatnya.
Warna
yang dominan digunakan dalam sampul bahan ajar ini adalah coklat muda dan
hijau. Warna coklat merupakan warna tanah dan bumi, melambangkan kepercayaan,
kedewasaan dan daya tahan. Warna natural ini membawa kenyamanan bagi yang
memandangnya.
Namun selain itu, coklat juga memberikan kesan ’sophisticated’ karena dekat
dengan warna emas. Bisa di bayangkan kesan ‘mahal’ desain dengan kombinasi
warna hitam dan coklat muda.
Hijau adalah warna yang tenang
karena biasanya di kaitkan dengan lingkungan dan alam. Di dalam desain penggunaan
warna hijau untuk memberikan kesan segar. Disamping itu
juga mampu memberi efek menenangkan,
menyejukkan, menyeimbangkan emosi.
Sedangkan
warna tulisan dibuat hitam agar kontras dengan latarnya. Namun secara
psikologi, warna hitam seringkali digunakan untuk menunjukkan kekuatan dan
ketegasan disamping juga untuk memberi kesan elegan dan anggun.
5.
Ilustrasi
Warna bisa berguna untuk tujuan
pembelajaran atau untuk estetika dan alasan-alasan motivasional.
Tetapi hasil penelitian menunjukkan ilustrasi berwarna memberi efek yang
berbeda tergantung umur, intelegensia dan pendidikan pembaca (Hartley 1985:
87).
Ilustrasi yang ditampilkan masuk
kategori ilustrasi deskriptif, yaitu menunjukkan objek seperti yang
terlihat. Tetapi ada tujuan expresif,
yaitu makna yang melebihi ilustrasi.
Makna yang memungkinkan persepsi tentang isi pokok buku.
Ilustrasi pertama menggunakan foto
rumput gajah yang merupakan rumput makanan ternak yang produksinya paling
tinggi dan cukup popular di Indonesia. Rumput adalah makanan utama ternak besar
(sapi, kerbau, dll). Penggunaan ilustrasi dibatasi pada satu gambar agar tidak
memecahkan perhatian pembaca.
Ilustrasi tersebut mencerminkan isi dari bahan
ajar tersebut. Jadi selain untuk memperindah tampilan sampul, juga untuk
mewakili isi buku. Menurut Dwyer dalam AECT, ilustrasi bisa menghubungkan
materi dengan tujuan dan akan memudahkan pembelajaran jika relevan dengan item
tes.
PUSTAKA
AECT, Instructional Message Design
Researh. Diunduh 16 April 2011
Fleming,
Malcolm and W. Howard Levie. 1978.
Instructional Message Design. Prinsiples from the behavioral sciences. Englewood cliff, New Jersey.
Hartley, James. Designing Instructional
Text. University of Keele. Kogan Page London dan Nichols, New York.
Kusrianto, A.
2010. Pengantar Tipografi. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar