Tes acuan patokan
disusun secara langsung untuk mengukur tingkah laku yang digambarkan dalam
tujuan. Ada empat jenis tes acuan patokan :
a. Tes
perilaku awal atau entry behavior test. Tes ini diberikan sebelum mulai pembelajaran.
Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah pebelajar telah menguasai ketrampilan
yang menjadi prasyarat bagi pembelajaran.
b. Tes
pendahuluan atau pre test, adalah tes
acuan patokan yang diperlukan untuk mengetahui profil pebelajar sehubungan
dengan analisis pembelajaran. Pre test
tidak selalu harus dilakukan. Pada saat
topic yang akan dipelajari merupakan sesuatu yang baru, maka hasilnya pre test kadang tidak bisa menggambarkan
kemampuan pebelajar yang sebenarnya. Hal ini karena pebelajar mungkin menebak
jawaban tes.
c. Latihan
adalah tes yang bertujuan untuk membuat pebelajar berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran. Latihan bisa membuat pebelajar mengulang kembali pengetahuan dan
ketrampilan baru sekaligus menilai tingkat pemahaman dan ketrampilannya
sendiri. Pembelajar menggunakan hasil latihan untuk memberikan umpan balik dan
memonitor kecepatan pembelajaran.
Post test adalah tes acuan
patokan yang mencakup seluruh tujuan pembelajaran yang mencerminkan hasil
belajar yang dilakukan siswaDARI: Dick, Carey and Carey, The systematic design of instructional 2001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar