Jumat, 11 Mei 2012

TIPOGRAFI UNTUK BAHAN AJAR


Ahli ahli desain pesan yang menggabungkan hasil hasil penelitian tentang desain bahan ajar diantaranya Fleming and Levie (1978,1993).  Houghton and Willows (1987) dengan bukunya The Psychology of Illustration yang isinya survey pada persepsi pada gambar dan bagaimana menggunakan gambar untuk memperbaiki pembelajaran berbasis buku teks. Hartley (1986,1996) dan Jonassen (1982) telah melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran. 
Dilihat dari sisi desain tipografinya beberapa pendapat ahli dan hasil penelitian yang ditulis oleh Hartley (1985: 50-52) menunjukkan bahwa:
1.      Paragraf yang pendek dan spasinya bagus membuat sebuah teks lebih mudah dibaca
2.       Kalimat yang panjang sangat membebani sistem memori, sedang yang pendek tidak
3.      Kata yang panjang juga menyebabkan kesulitan
Secara umum teks lebih mudah dipahami bila: 1) Penulis menggunakan sedikit kalimat yang memiliki anak kalimat lebih dari dua, 2) Penulis memilih menggunakan kalimat aktif daripada kalimat pasif, 3) Penulis menggunakan kata kata positif dan 4) Penulis menghindari penggunaan bentuk negatif, terutama yang lebih dari satu.
Membuat variasi ketikan, huruf tebal, huruf miring atau mengubah ukuran huruf untuk membedakan dengan pola di suatu halaman bisa membuat mata pembaca tertuju ke variasi tersebut (Morrison, et al, 2001: 154). Tetapi ada 3 hal yang harus dipertimbangkan dalam menggunakan variasi tipografis yaitu:             1) penggunaan terlalu banyak variasi membuat sulit bagi pembaca menentukan mana yang penting, 2) penggunaan variasi harus konsisten dalam seluruh bahan ajar dan, 3) memadukan gaya, ukuran dan bentuk tulisan memerlukan pemahaman tentang kesesuaian dan kekontrasan dalam tipografis.  Heading idealnya mencerminkan isi, sehingga hanya dengan melihatnya, pebelajar dapat menemukan bagian yang ingin dibacanya (Prastowo, 2011: 154).
Cara bagaimana informasi cetak dan visual diorganisasikan dapat sangat membantu terjadinya belajar yang diinginkan. Seringkali, kombinasi informasi berupa teks dan visual perlu diberikan (Seels and Ritchey, 1995: 41).

Hartley, J. 1985.  Designing Instructional Text. Second Edition. New York: Nichols Publishing Company.
Hartley, J. 2004.  Designing Instructional and Informational Text. (Online)  http://www.aect.org/edtech/34.pdf diunduh 22 Januari 2012
Seels, B. B. and Richey, R.C. 1994.  Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Washington :AECT.
Seels, B. B. and Richey, R.C. 1995.Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Terjemahan oleh Prawiradilaga, dkk  . Jakarta: UNJ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar