Selasa, 01 Mei 2012

COOPERATIVE LEARNING

Pembelajaran kelompok setidaknya memiliki 3 tujuan penting yaitu prestasi akademis, toleransi dan penerimaan terhadap keanekaragaman dan pengembangan ketrampilan sosial.
Pembelajaran kelompok diperlukan dalam diskusi maupun dalam praktikum.  Pembelajaran kelompok didukung oleh teori teori Vygotsky, dimana interaksi sesama teman memajukan pemikiran siswa.  Jadi guru dan teman sebaya dapat memberi kontribusi bagi proses pembelajaran.Vygotsky menekankan bahwa guru harus menciptakan banyak kesempatan bagi murid untuk belajar dengan guru dan teman sebaya dalam mengkonstruksi pengetahuan bersama (Santrock, 2004:390)
Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kelompok efektif jika disediakan penghargaan bagi kelompok dan setiap individu dimintai pertanggungjawaban. Metode evaluasi untuk mengukur kontribusi individu diberikan dengan pemberian tes individual (Santrock, 2004:398).  Hal ini untuk menghindari ketidakseimbangan kontribusi dalam kelompok.
Pembentukan kelompok sebaiknya adalah kelompok heterogen, terutama secara akademis. Dalam kelompok heterogen, siswa dapat berelaborasi dengan berbagai pendapat yang beranekaragam sehingga siswa dapat menerima perbedaan yang ada. Selain itu, kelompok heterogen memudahkan pengelolaan kelas karena dengan adanya satu orang yang berkemampuan akademis tinggi guru mendapatkan suatu asisten untuk setiap tiga orang.
Bagaimana membuat kelompok heterogen? Langkah pertama yang harus dilakukan guru adalah mengurutkan kemampuan akademis siswa dari siswa yang mempunyai nilai akademis tinggi ke siswa yang berkemampuan rendah. Langkah kedua adalah membuat kelompok pertama yang terdiri dari satu orang siswa yang mempunyai kemampuan akademis tinggi, dua orang berkemampuan sedang dan satu orang berkemampuan rendah dan begitu seterusnya.
Djiwandono, S.E.W. 2004.  Psikologi Pendidikan. Grasindo. Jakarta

Slavin, R.E. 2006.  Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Edisi kedelapan. Terjemahan oleh Samosir, M. Allyn and Bacon. Boston.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar