Jumat, 04 Mei 2012

PEMBELAJARAN UNTUK PENGETAHUAN PROSEDURAL

Guru guru smk mungkin adalah orang yang akan paling sering berhubungan dengan tipe isi prosedural. Sebenarnya bagaimana pembelajaran untuk tipe isi prosedural ada dalam beberapa buku yang tercantum dalam daftar pustaka.
 
Strategi untuk mengajarkan pengetahuan procedural  yang efektif adalah latihan yang diikuti  dengan umpan balik.  Apabila prosedur itu merupakan pengenalan pola , maka kesempatan untuk mengklasifikasi contoh contoh baru dari pola hendaknya diberikan.  Umpan balik tidak hanya memperlihatkan apakah yang dilakukan itu betul , tetapi juga bila jawabannyatidak betul, harus ditunjukkan mana dari jawaban yang tidak betul dan mana bagian yang betul.  Bila prosedur merupakan urutan aksi, soal soal hendaknya berupa aplikasi dari prosedur dan umpan balik hendaknya menunjukkan secara tepat dalam hal apa aplikasi itu tidak betul atau cara tepat bagaimana cepatnya suatu prosedur yang betul diterapkan.

Belajar urut urutan aksi merupakan proses yang lambat, dengan membuat banyak kesalahan.
Menurut Anderson, urut urutan aksi dipelajari dengan cara sebagai berikut.  Mula mula si pelajar menyajikan suatu urutan aksi aksi dalam bentuk deklaratif.  Lalu berkembang suatu penyajian procedural dari urutan aksi dengan pengalaman dalam mencoba  menghasilkan urutan aksi.  Suatu contoh dari proses ini ialah belajar menjalankan mobil (yang tidak otomatis).  Pada mulanya kita membimbing diri kita sendiri secara verbal dengan mengucapkan (atau memikirkan) setiap langkah, lalu melaksanakan langkah itu.  Lalu setelah banyak kali mencoba menjalankan mobil semacam ini, kita menjalan kan mobil secara lancar dan tanpa sadar akan perangsangan dari pengetahuan deklaratif.

Banyak  urut urutan aksi yang kita pelajari mulai dari pengetahuan deklaratif.  Kita membaca aturan aturan dalam buku teks atau menulis suatu urutan langkah langkah pada  papan tulis yang harus kita ikuti. Demikian pula kita mengikuti urutan uruta aksi orang lain dan menyajikan urutan itu secara deklaratif . Dikemudian hari kita panggil pengetahuan deklaratif itu dalam usaha untuk meniru hal hal yang perlu. Jadi, langkah pertama dalam belajar urut urutan aksi ialah menciptakan suatu penyajian proporsional untuk prosedur.  Langkah kedua ialah menciptakan satu produksi untuk menyajikan setiap langkah dalam urutan aksi.  Kedua angkah ini terjadi selama proseduralisasi.  

Dahar, R.W.  1988. Teori Teori Belajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Gagne, R.M. 1977. The Conditions of Learning. Third Edition. Rinehart and Winston. New York

Mukhadis, Amat.  2003.  Pengorganisasian Isi Pembelajaran Tipe Prosedural Kajian Empirik pada Latar Sekolah Menengah Kejuruan Rumpun Teknologi. Universitas Negeri Malang. Malang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar