Jumat, 04 Mei 2012

PENELITIAN EKSPERIMENTAL DALAM PENDIDIKAN


PENELITIAN
A.    Rancangan Penelitian dan Prosedur Penelitian
Penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan rancangan penelitian eksperimental dimaksudkan untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat antar variable dimana peneliti memanipulasikan variable bebas kemudian melakukan observasi terhadap variable terikat untuk menemukan variasi yang muncul seiring dengan manipulasi variable bebas tersebut.
Pelaksanaan penelitian ini menempuh prosedur kegiatan antara lain: pengukuran tingkat motivasi berprestasi, pendekatan pembelajaran kooperatif, pembelajaran konvensional dan diakhiri dengan tes hasil belajar.
Contoh Variabel bebas dalam penelitian pendidika misalnya metode pembelajaran kooperatif dan metode pembelajaran konvensional. Variabel moderatornya misalnya motivasi berprestasi. Variabel terikat dalam penelitian adalah hasil belajar .  Variable kontrolnya adalah kondisi pelaksanaan, perlakuan, guru, waktu pelaksanaan, bahan pelajaran, tempat dan keadaan kelas
Instrumen penelitian yang digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini terdiri dari dua, yaitu motivasi berprestasi dan hasil belajar. Instrument untuk mengukur tingkat motivasi berprestasi adalah tes motivasi berprestasi.
Metode yang bisa digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini adalah tes, yaitu tes motivasi berprestasi dan tes hasil belajar. Tes motivasi berprestasi dilakukan pada awal pelaksanaan tindakan dan tes hasil belajar pada akhir pelaksanaan tindakan.
Analisis statistic yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial parametric, yaitu analisis varian (ANOVA). Analisis statistic deskriptif mendeskripsikan atau member gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data sampel atau populasi sebagaimana adanya. Analisis deskriptif akan menampilkan data perolehan belajar siswa pada kedua metode pembelajaran dan pada tingkat motivasi berprestasi.
Analisa varian terutama untuk menjawab pertanyaan pertanyaan penelitian dan hipotesis hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar