Ada dua kategori kualitas bahan ajar:
A. Format Buku
- Tampilan secara umum
- Ukuran dan warna
- Keterbacaan huruf
- Kualitas penjilidan
- Bagus tidaknya lay out
- Ketepatan ilustrasi
- Heading
- Index
- Kualitas kertas
- Konsistensi pengorganisasian dan penekanan pembelajaran sesuai standar sekolah
- Konsistensi cara pandang buku dengan prinsip prinsip utama mata pelajaran
- Penggunaan pemicu berpikir kritis
- Menstimulasi siswa untuk menyusun tujuannya sendiri dan melakukan evaluasi sendiri
- Penggunaan materi materi yang memungkinkan belajar memecahkan masalah
- Adanya program lanjutan
- Kejelasan dan pendeknya penjelasan
- Kemenarikan
- Ketersediaan alat ukur pencapaian siswa
- Pengorganisasian isi bab
- Bisa diadaptasikan untuk situasi kelas maupun individu
- Tingkat tantangan yang diberikan pada siswaa
- Kegunaan pada siswa yang mampu belajar cepat
- Kegunaan pada siswa yang belajarnya lambat
- Ketersediaan penilaian secara kuantitas dan kualitas pada tiap ketrampilan
- Adanya review dan tindak lanjut untuk meningkatkan retensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar