Sabtu, 02 Juni 2012

MENGUKUR KUALITAS BAHAN AJAR CETAK

Bahan ajar cetak atau buku yang berisi tujuan belajar, metode, materi dan evaluasi yang berfungsi untuk mempermudah siswa belajar, bisa diukur kualitasnya dengan beberapa kriteria penilaian. kriteria ini bisa menjadi pertimbangan guru untuk memilih buku yang akan digunakan untuk siswanya.
Ada dua kategori kualitas bahan ajar:
A. Format Buku
  1. Tampilan secara umum
  2. Ukuran dan warna
  3. Keterbacaan huruf
  4. Kualitas penjilidan
  5. Bagus tidaknya lay out
  6. Ketepatan ilustrasi 
  7. Heading
  8. Index
  9. Kualitas kertas
B. Pengorganisasian dan Isi
  1. Konsistensi pengorganisasian dan penekanan pembelajaran sesuai standar sekolah
  2. Konsistensi cara pandang buku dengan prinsip prinsip utama mata pelajaran
  3. Penggunaan pemicu berpikir kritis
  4. Menstimulasi siswa untuk menyusun tujuannya sendiri dan melakukan evaluasi sendiri
  5. Penggunaan materi materi yang memungkinkan belajar memecahkan masalah
  6. Adanya program lanjutan 
  7. Kejelasan dan  pendeknya penjelasan
  8. Kemenarikan
  9. Ketersediaan alat ukur pencapaian siswa
  10. Pengorganisasian isi bab
  11. Bisa diadaptasikan untuk situasi kelas maupun individu
  12. Tingkat tantangan yang diberikan pada siswaa
  13. Kegunaan pada siswa yang mampu belajar cepat
  14.   Kegunaan pada siswa yang belajarnya lambat
  15. Ketersediaan penilaian secara kuantitas dan kualitas pada tiap ketrampilan
  16. Adanya review dan tindak lanjut untuk meningkatkan retensi
Dari: James Hartley (1985) Designing Instructional Text.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar