Untuk pengujian selanjutnya, diperlukan 3 calon pengguna produk kita misalnya siswa. Kita pilih yang mewakili siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.
Kemudian lakukan revisi sesuai masukan siswa tersebut.
langkah selanjutnya adalah masukan dari sekelompok kecil calon pengguna, untuk mengetahui apakah revisi yang sudah kita lakukan pada tahap sebelumnya telah berhasil. Langkah terakhir adalah mengujinya dalam pembelajaran dikelas. Dari hasil pembelajaran ini dapat diketahui apakah produk kita bisa digunakan.
Untuk mengukur tingkat kelayakan bisa digunakan angket.Angket disusun dengan pertanyaan yang sesuai dengan hal hal yang akan diukur. Bahasa dalam angket harus disesuaikan dengan siswa. Hanya berikan pertanyaan tentang kejelasan, kemudahan atau isian tentang kata kata yang menurut siswa sulit.
Siswa bukanlah ahli isi mata pelajaran atau ahli media pembelajaran. Jadi pertanyaan seperti, kualitas buku secara teknis tidak boleh ada dalam angket siswa ini.
Contoh angket:
1. Apakah
tampilan fisik bahan ajar menarik?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat tidak menarik
|
Kurang menarik
|
Cukup menarik
|
Menarik
|
Sangat menarik
|
2. Apakah
petunjuk mudah untuk dipahami?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat tidak mudah
|
Kurang mudah
|
Cukup mudah
|
Mudah
|
Sangat mudah
|
3. Apakah
kerangka isi membantumu untuk memahami uraian materi?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat tidak membantu
|
Kurang membantu
|
Cukup membantu
|
Membantu
|
Sangat membantu
|
4. Apakah
kata kata kunci membantu mengarahkanmu untuk mengetahui materi pokok yang harus
kamu kuasai?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang membantu
|
Kurang membantu
|
Cukup membantu
|
Membantu
|
Sangat membantu
|
5. Apakah
penggunaan bahasa dalam uraian materi mudah dipahami?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang mudah
|
Kurang mudah
|
Cukup mudah
|
Mudah
|
Sangat mudah
|
6. Apakan
menurutmu gambar berguna untuk membantu memudahkan menguasai materi?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang membantu
|
Kurang membantu
|
Cukup membantu
|
Membantu
|
Sangat membantu
|
7. Apakah
contoh yang diberikan membantumu memahami materi?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang membantu
|
Kurang membantu
|
Cukup membantu
|
Membantu
|
Sangat membantu
|
8. Apakah
rangkuman membantumu mengingatkan kembali materi yang sudah kamu pelajari
sebelumnya?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang membantu
|
Kurang membantu
|
Cukup membantu
|
Membantu
|
Sangat membantu
|
9. Apakah
latihan membantumu mengukur penguasaan materi ?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang membantu
|
Kurang membantu
|
Cukup membantu
|
Membantu
|
Sangat membantu
|
10. Apakah
kunci jawaban membantumu untuk dapat belajar mandiri?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang membantu
|
Kurang membantu
|
Cukup membantu
|
Membantu
|
Sangat membantu
|
11. Apakah
sumber pendukung memudahkanmu memperdalam materi yang kamu pelajari?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang membantu
|
Kurang membantu
|
Cukup membantu
|
Membantu
|
Sangat membantu
|
12. Apakah
prosedur praktikum mudah dipahami?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang mudah
|
Kurang mudah
|
Cukup mudah
|
Mudah
|
Sangat mudah
|
13. Apakah
kepercayaan dirimu tinggi saat menjawab soal latihan?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang tinggi
|
Kurang tinggi
|
Cukup tinggi
|
Tinggi
|
Sangat tinggi
|
A.
Panduan siswa
1. Apakah
tampilan fisik panduan siswa menarik?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang menarik
|
Kurang menarik
|
Cukup menarik
|
Menarik
|
Sangat menarik
|
2. Apakah
petunjuk penggunaan bahan ajar mudah dipahami?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang mudah
|
Kurang mudah
|
Cukup mudah
|
Mudah
|
Sangat mudah
|
3. Apakah
penjelasan komponen bahan ajar memudahkan memahami bahan ajar?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang membantu
|
Kurang membantu
|
Cukup membantu
|
Membantu
|
Sangat membantu
|
4. Apakah
alokasi waktu sesuai dengan kebutuhanmu untuk belajar?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang sesuai
|
Kurang sesuai
|
Cukup
|
Sesuai
|
Sangat sesuai
|
5. Apakah
alokasi waktu untuk praktek cukup memadai untuk kamu menguasai praktikum?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang memadai
|
Kurang memadai
|
Cukup memadai
|
Memadai
|
Sangat memadai
|
6. Apakah
evaluasi dan penilaian membantumu untuk bisa mengukur kemampuanmu sendiri?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang membantu
|
Kurang membantu
|
Cukup membantu
|
Membantu
|
Sangat membantu
|
7. Apakah
strategi belajar pada panduan siswa membantu memudahkanmu belajar mandiri?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang membantu
|
Kurang membantu
|
Cukup membantu
|
Membantu
|
Sangat membantu
|
8. Apakah
secara keseluruhan panduan siswa mudah
dipahami?
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat kurang mudah
|
Kurang mudah
|
Cukup mudah
|
Mudah
|
Sangat mudah
|
…………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar