Ahli ahli desain pesan yang menggabungkan hasil hasil penelitian tentang desain bahan ajar diantaranya Fleming and Levie (1978,1993). Houghton and Willows (1987) dengan bukunya The Psychology of Illustration yang isinya survey pada persepsi pada gambar dan bagaimana menggunakan gambar untuk memperbaiki pembelajaran berbasis buku teks. Hartley (1986,1996) dan Jonassen (1982) telah melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran.
Dilihat dari sisi desain tipografinya beberapa pendapat ahli dan hasil penelitian yang ditulis oleh Hartley (1985: 50-52) menunjukkan bahwa:
Dilihat dari sisi desain tipografinya beberapa pendapat ahli dan hasil penelitian yang ditulis oleh Hartley (1985: 50-52) menunjukkan bahwa:
1. Paragraf
yang pendek dan spasinya bagus membuat sebuah teks lebih mudah dibaca
2. Kalimat yang panjang sangat membebani sistem
memori, sedang yang pendek tidak
3. Kata
yang panjang juga menyebabkan kesulitan
Secara umum teks
lebih mudah dipahami bila: 1) Penulis menggunakan sedikit kalimat yang memiliki
anak kalimat lebih dari dua, 2) Penulis memilih menggunakan kalimat aktif
daripada kalimat pasif, 3) Penulis menggunakan kata kata positif dan 4) Penulis
menghindari penggunaan bentuk negatif, terutama yang lebih dari satu.
Membuat variasi ketikan, huruf tebal,
huruf miring atau mengubah ukuran huruf untuk membedakan dengan pola di suatu
halaman bisa membuat mata pembaca tertuju ke variasi tersebut (Morrison, et al, 2001: 154). Tetapi ada 3 hal yang
harus dipertimbangkan dalam menggunakan variasi tipografis yaitu: 1) penggunaan terlalu banyak
variasi membuat sulit bagi pembaca menentukan mana yang penting, 2) penggunaan
variasi harus konsisten dalam seluruh bahan ajar dan, 3) memadukan gaya, ukuran
dan bentuk tulisan memerlukan pemahaman tentang kesesuaian dan kekontrasan
dalam tipografis. Heading idealnya
mencerminkan isi, sehingga hanya dengan melihatnya, pebelajar dapat menemukan
bagian yang ingin dibacanya (Prastowo, 2011: 154).
Cara bagaimana informasi cetak dan visual
diorganisasikan dapat sangat membantu terjadinya belajar yang diinginkan.
Seringkali, kombinasi informasi berupa teks dan visual perlu diberikan (Seels
and Ritchey, 1995: 41).
Hartley,
J. 1985. Designing Instructional Text. Second Edition. New York: Nichols Publishing
Company.
Hartley,
J. 2004. Designing Instructional and Informational
Text. (Online) http://www.aect.org/edtech/34.pdf
diunduh 22 Januari 2012
Seels,
B. B. and Richey, R.C. 1994. Instructional Technology: The Definition and
Domains of the Field. Washington :AECT.
Seels,
B. B. and Richey, R.C. 1995.Teknologi
Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Terjemahan oleh Prawiradilaga, dkk . Jakarta:
UNJ.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar