Guru guru smk mungkin adalah orang yang akan paling sering berhubungan dengan tipe isi prosedural. Sebenarnya bagaimana pembelajaran untuk tipe isi prosedural ada dalam beberapa buku yang tercantum dalam daftar pustaka.
Strategi untuk mengajarkan pengetahuan procedural yang efektif adalah latihan yang diikuti dengan umpan balik. Apabila prosedur itu merupakan pengenalan pola , maka kesempatan untuk mengklasifikasi contoh contoh baru dari pola hendaknya diberikan. Umpan balik tidak hanya memperlihatkan apakah yang dilakukan itu betul , tetapi juga bila jawabannyatidak betul, harus ditunjukkan mana dari jawaban yang tidak betul dan mana bagian yang betul. Bila prosedur merupakan urutan aksi, soal soal hendaknya berupa aplikasi dari prosedur dan umpan balik hendaknya menunjukkan secara tepat dalam hal apa aplikasi itu tidak betul atau cara tepat bagaimana cepatnya suatu prosedur yang betul diterapkan.
Strategi untuk mengajarkan pengetahuan procedural yang efektif adalah latihan yang diikuti dengan umpan balik. Apabila prosedur itu merupakan pengenalan pola , maka kesempatan untuk mengklasifikasi contoh contoh baru dari pola hendaknya diberikan. Umpan balik tidak hanya memperlihatkan apakah yang dilakukan itu betul , tetapi juga bila jawabannyatidak betul, harus ditunjukkan mana dari jawaban yang tidak betul dan mana bagian yang betul. Bila prosedur merupakan urutan aksi, soal soal hendaknya berupa aplikasi dari prosedur dan umpan balik hendaknya menunjukkan secara tepat dalam hal apa aplikasi itu tidak betul atau cara tepat bagaimana cepatnya suatu prosedur yang betul diterapkan.
Belajar urut urutan aksi merupakan proses
yang lambat, dengan membuat banyak kesalahan.
Menurut Anderson, urut urutan aksi
dipelajari dengan cara sebagai berikut.
Mula mula si pelajar menyajikan suatu urutan aksi aksi dalam bentuk
deklaratif. Lalu berkembang suatu
penyajian procedural dari urutan aksi dengan pengalaman dalam mencoba menghasilkan urutan aksi. Suatu contoh dari proses ini ialah belajar
menjalankan mobil (yang tidak otomatis).
Pada mulanya kita membimbing diri kita sendiri secara verbal dengan
mengucapkan (atau memikirkan) setiap langkah, lalu melaksanakan langkah
itu. Lalu setelah banyak kali mencoba
menjalankan mobil semacam ini, kita menjalan kan mobil secara lancar dan tanpa sadar akan
perangsangan dari pengetahuan deklaratif.
Banyak
urut urutan aksi yang kita pelajari mulai dari pengetahuan
deklaratif. Kita membaca aturan aturan
dalam buku teks atau menulis suatu urutan langkah langkah pada papan tulis yang harus kita ikuti. Demikian
pula kita mengikuti urutan uruta aksi orang lain dan menyajikan urutan itu
secara deklaratif . Dikemudian hari kita panggil pengetahuan deklaratif itu
dalam usaha untuk meniru hal hal yang perlu. Jadi, langkah pertama dalam
belajar urut urutan aksi ialah menciptakan suatu penyajian proporsional untuk
prosedur. Langkah kedua ialah
menciptakan satu produksi untuk menyajikan setiap langkah dalam urutan
aksi. Kedua angkah ini terjadi selama
proseduralisasi.
Dahar, R.W. 1988. Teori
Teori Belajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Gagne,
R.M. 1977. The Conditions of Learning.
Third Edition. Rinehart and Winston. New York
Mukhadis,
Amat. 2003. Pengorganisasian
Isi Pembelajaran Tipe Prosedural Kajian Empirik pada Latar Sekolah Menengah
Kejuruan Rumpun Teknologi. Universitas Negeri Malang. Malang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar