Rabu, 02 Mei 2012

DESAIN PESAN BAHAN AJAR


BAGAIMANA BAHAN AJAR DITATA?
Bab-bab dalam bahan ajar ditata secara sistematis dan konsisten. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi belajar siswa.  
1)      Kerangka Isi
Kerangka isi dalam bahan ajar  merupakan salah satu bagian (alat) yang membantu pembaca.  Lima hal yang membantu pembaca dalam bahan ajar yaitu kerangka isi tiap bab, heading dalam teks, rangkuman, glosarium untuk kata kata teknis dan comprehensive subject and author index.
2)      Tujuan Pembelajaran Umum dan Tujuan Pembelajaran Khusus
Merupakan elaborasi dari standar kompetensi dan kompetensi dasar dari kurikulum yang ada .
3)      Uraian Materi
Uraian materi berisi pengetahuan yang diperlukan siswa untuk memahami permasalahan, tujuan, manfaat dan proses dalam pengolahan pakan.  Pengetahuan tersebut diharapkan akan memperluas wawasan siswa dan memotivasi untuk mempraktekkannya.
Uraian ditulis dengan bahasa yang sederhana disesuaikan dengan kemampuan kognitif siswa  Panjangnya uraian disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan jumlah jam pembelajaran di kelas.
4)      Prosedur Praktikum
Prosedur praktikum berisi prosedur pengolahan pakan yang akan dilakukan oleh siswa disertai dengan petunjuk keselamatan kerja dan koordinasi kegiatan selama praktikum.  Tujuannya adalah agar siswa bisa mempelajari lebih dahulu prosedur sebelum pembelajaran bersama guru.  Dengan pengetahuan yang telah dimiliki, proses praktikum akan lebih efektif.
Prosedur dalam praktikum penerapan teknologi dalam pengolahan pakan tidak memerlukan simulasi karena alat, bahan dan prosesnya tidak membahayakan praktikan.  Tetapi petunjuk keselamatan tetap diberikan untuk langkah langkah tertentu.  
5)      Rangkuman
Rangkuman ditempatkan pada setiap bab agar bisa digunakan untuk tinjauan (review) pokok pokok pikiran dalam teks dan mengingat kembali hal hal yang penting. Rangkuman pada bahan ajar ditulis dalam kotak tersendiri.
6)      Latihan Akhir Bab
Latihan diberikan dalam bentuk soal pilihan ganda .  Banyaknya soal disesuaikan dengan banyaknya uraian materi.
Pemilihan bentuk soal pilihan ganda didasarkan 2 pertimbangan. Bila disusun dengan baik soal pilihan ganda dapat meminimalkan kemungkinan siswa menebak nebak.  Bila ditulis dengan baik pilihan ganda juga dapat menyadap tipe-tipe berpikir dan ketrampilan analitik yang lebih tinggi (Arends, 2001: 237).
7)      Kunci Jawaban
Kunci jawaban atau umpan balik atau pengetahuan tentang hasil untuk kinerja yang baik memberikan motivasi intrinsic.  Untuk kinerja yang buruk, umpan balik memberikan informasi yang dibutuhkan siswa untuk memperbaiki diri (Arends, 2001:163).
8)      Sumber Pendukung
Sumber pendukung ditulis dengan tujuan agar siswa yang ingin mendalami materi lebih lanjut bisa mencari bacaan tambahan di perpustakaan sekolah ataupun melalui internet.  Materi dalam sumber pendukung akan memperluas wawasan siswa tentang usaha dan penelitian teknologi pengolahan pakan di berbagai negara.
9)      Glosarium
Golsarium berisi daftar penjelasan istilah istilah teknis dalam materi penerapan teknologi dalam pengolahan pakan yang sedang dipelajarai.  Glosarium memberikan informasi tentang istilah istilah yang belum dipahami pembaca. Untuk memudahkan pencarian makan penyusunannya didasarkan abjad awal kata.
Arends, R.I. 2001. Learning to Teach. Edisi ketujuh .Terjemahan. Pustaka PelajarHartley, J. 1985.  Designing Instructional Text. Second Edition. Nichols Publishing Company. New York.
Hartley, J. 1996.  Designing Instructional and Informational Text.  (Edited by Jonassen, D.H. ) Prentice Hall International. New York. http://www.aect.org/edtech/34.pdf diunduh 22 Januari 2012 
Morrison, G. R., Ross, S.M. and Kemp, J.E. 2001. Designing Effective Instruction. Third Edition. John Wiley & Sons, Inc. New York.
 
Prastowo, A. 2011.  Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.  DIVA Press. Yogyakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar