Jumat, 22 Maret 2013

KERANGKA ISI


Salah satu hal yang disarankan untuk ada ( dicantumkan ) dalam buku ajar adalah kerangka isi. Hal ini bisa dilihat dari berbagai model rancangan pembelajaran yang dikembangkan banyak ahli pembelajaran.
Fungsi kerangka isi bagi pengguna bahan ajar, bisa dibedakan menjadi dua. Yang pertama bagi guru atau pengajar. Kerangka isi mencantumkan pengetahuan dan ketrampilan yang harus dimiliki oleh siswa untuk bisa mengikuti pembelajaran. Misalnya : untuk bisa membuat kalimat dalam bahasa asing, siswa harus sudah menguasai kata yang bisa menjadi bagian kalimat (subyek, predikat dan objek atau keterangan) dan pola kalimat.
Pengetahuan yang menjadi syarat bagi seseorang yang akan belajar ini diukur oleh guru dengan pre test. Bentuk pre test bisa lisan, tertulis atau bahkan tes perbuatan.
Bagi siswa, kerangka isi selain memberikan informasi tentang persyaratan pengetahuan yang harus dimiliki, juga bisa memberikan gambaran yang sistematis tentang pengetahuan dan ketrampilan yang akan dipelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar