Salah satu hal yang
disarankan untuk ada ( dicantumkan ) dalam buku ajar adalah kerangka isi. Hal
ini bisa dilihat dari berbagai model rancangan pembelajaran yang dikembangkan
banyak ahli pembelajaran.
Fungsi kerangka isi
bagi pengguna bahan ajar, bisa dibedakan menjadi dua. Yang pertama bagi guru
atau pengajar. Kerangka isi mencantumkan pengetahuan dan ketrampilan yang harus
dimiliki oleh siswa untuk bisa mengikuti pembelajaran. Misalnya : untuk bisa membuat
kalimat dalam bahasa asing, siswa harus sudah menguasai kata yang bisa menjadi
bagian kalimat (subyek, predikat dan objek atau keterangan) dan pola kalimat.
Pengetahuan yang
menjadi syarat bagi seseorang yang akan belajar ini diukur oleh guru dengan pre
test. Bentuk pre test bisa lisan, tertulis atau bahkan tes perbuatan.
Bagi siswa, kerangka isi
selain memberikan informasi tentang persyaratan pengetahuan yang harus
dimiliki, juga bisa memberikan gambaran yang sistematis tentang pengetahuan dan
ketrampilan yang akan dipelajari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar